Berbagi sekecil apapun ilmu

Panduan Lengkap Mengerjakan Soal CAT CPNS 2014

Computer Assisted Test CPNS yang akan dilaksanakan sebagai media IT dalam seleksi CPNS 2014 dan dikenal dengan Sistem CAT CPNS  pada dasarnya hanya sebuah peralihan dari sistem sebelumnya dengan cara manual dan dikoreksi dengan komputerisasi. Namun dengan sistem CAT panselnas dapat menghemat biaya lebih banyak untuk mencetak soal maupun lembar jawab komputer.

Mengenai bobot nilai dan jenis soal yang terdapat didalamnya adalah sama saja. Yaitu berjumlah 100 soal dan terdiri dari terdiri dari soal tes wawasan kebangsaan (TWK), soal tes intelegensia umum (TIU), dan soal tes karakteristik pribadi (TKP).


Namun di dalam sistem cat ini terdapat simulasi atau latihan untuk mengerjakan soal sebanyak 30 soal. Dan soal simulasi ini harus dikerjakan sebelum benar-benar mengerjakan soal ujian yang berjumlah 100 buah. Karena apabila peserta seleksi belum mengerjakan soal latihan maka tidak akan bisa mengerjakan soal ujian.
Latihan soal ini dimaksudkan agar peserta lancar dalam memahami interface aplikasi CAT CPNS 2014.

Alokasi waktu yang diberikan adalah  105 menit. Yaitu 15 menit digunakan untuk mengerjakan simulasi dan ketentuan umum, sedangkan 90 menit dialokasikan untuk mengerjakan 100 soal ujian yang ada.

Kelebihan dari sistem CAT ini adalah setiap peserta pada akhir pengerjaan soal akan dapat melihat nilai secara keseluruhan atas soal-soal yang sudah dikerjakan. Jadinya nanti bisa dihitung apakah nilai yang dihasilkan memenuhi passing grade yang telah ditentukan atau belum.
Tag : cpns
0 Komentar untuk "Panduan Lengkap Mengerjakan Soal CAT CPNS 2014"

Back To Top