Berbagi sekecil apapun ilmu

Mengenal Icon Aplikasi CAT CPNS 2014 BKN

Postingan kali ini ruumit akan membahas tentang fungsi beberapa icon yang terdapat dalam aplikasi seleksi CPNS sistem CAT . Tentu saja artikel ini berdasarkan simulasi dan ujicoba yang sudah saya lakukan sendiri. Karena kebetulan tempat saya bekerja juga menjadi panitia Ujian seleksi CPNS sistem CAT ini, dan menggunakan lab komputer yang kantor kami miliki.

Dari ujicoba yang sudah saya lakukan, kiranya perlu juga saya share kepada sobat semua yang hendak mengikuti seleksi CPNS tahun 2014 ini. Soalnya tidak semua calon peserta memiliki kesempatan untuk ikut dalam simulasi aplikasi CAT CPNS 2014 tersebut.

Untuk diketahui juga bahwa komputer yang digunakan sebagai klien untuk menjalankan aplikasi CAT berbasis Linux. Apabila komputer telah dihidupkan maka layar yang terbuka hanya aplikasi CAT yang sudah dibangun. Peserta tidak bisa sambil browsing meskipun kondisi sedang online.

Berikut ini penampakan layar monitor ketika mau dihidupkan. Menjelaskan bahwa Operating System yang berjalan Linux.

Pun ketika peserta sudah masuk dalam aplikasi apabila hendak menutup aplikasinya hanya terdapat pilihan shut down atau restart. jadi jangan coba-coba curang ya.

Nah, apabila sudah berhasil login dengan Username : Nomor peserta dan Password : NIK maka langsung muncul pilihan untuk Latihan atau Ujian. Hal ini sudah ruumit bahas pada artikel Panduan Lengkap Mengerjakan Soal Tes CAT CPNS 2014.

Kemudian apabila sudah dipilih, misalnya ujian maka akan langsung muncul soal dan tampilan beberapa icon dikanan atas beserta timer yang terus berjalan.


Berikut penjelasan icon-icon tersebut.


Icon diatas berfungsi untuk nafigasi soal. Pertama adalah icon menuju soal pertama, lalu nafigasi untuk soal sebelumnya, keterangan angka adalah soal yang sedang terbuka dari 100 soal, kemudian icon untuk menuju soal berikutnya, dan terakhir icon untuk langsung menuju soal terakhir (nomor 100).



Tampilan selanjutnya adalah icon refresh, icon dengan tanda + adalah untuk memperbesar ukuran huruf, lalu icon dengan angka 1:1 adalah untuk mengembalikan huruf kedalam ukuran normal, dan icon dengan tanda - adalah icon untuk mengecilkan ukuran huruf.
Icon engan gambar dua sepatu adalah berupa navigasi soal secara pop up. Berikut pop up yang muncul.
Menjelaskan jumlah soal yang sudah dijawab dan yang belum. Serta dapat juga digunakan untuk memilih nomor soal yang akan dikerjakan.

Sedangkan Icon dengan gambar Telapak Tangan adalah berfungsi untuk mengakhiri ujian. Tentu saja setelah semua soal sudah kita jawab atau kita sudah merasa yakin atas semua jawaban walaupun waktu masih tersisa. Dengan me-klik icon telapak tangan maka nilai akhir tes akan kita ketahui.



Kalau yang satu ini tentu sobat semua sudah tahu. Ya, timer yang terus berjalan mundur. Sedangkan timer dengan warna kuning adalah waktu untuk sistem melakukan Autosave. Waktu untuk menyimpan otomatis pekerjaan peserta adalah 4 s/d 6 menit. Maka dengan demikian secara otomatis hasil pekerjaan kita sudah tersimpan dalam database pusat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mati listrik atau komputer nge-hang.

Nah, semoga dengan mengenal fungsi icon-icon yang terdapat dalam aplikasi CAT CPNS 2014 tersebut sobat semua bisa lancar alias tidak gugup. Untuk selanjutnya akan ruumit jelaskan juga tips dan trik agar dalam memilih jawaban dalam pilihan ganda serta proses beralih ke soal berikutnya lebih cepat.

Tag : cpns
4 Komentar untuk "Mengenal Icon Aplikasi CAT CPNS 2014 BKN"

kok beda ya dengan tampilan simulasi yang ada di sc.menpan.go.id?
namun terimakasih saya ucapkan atas infonya, sehingga dapat mengenal bentuk lain tampilan simulasi cat cpns2014 nantinya,

iya sepertinya memang beda dengan simulasi yang disediakan oleh menpan. Akan tetapi apa yang saya posting ini benar2 aplikasi yang diberikan oleh PANSELNAS. Bahkan kami juga miliki Dasbord Admin untuk membuat laporan serta merekap daftar hadir sekaligus melihat Nilai semua peserta. Resmi.

Sistem CAT dilaksanakan dg 2 versi, versi BKN dan versi UKG, yang diatas itu yg versi UKG

terima kasih penjelasan tambahannya

Back To Top