Berbagi sekecil apapun ilmu

Beberapa Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Ujian CPNS sistem CAT


Proses pendaftaran CPNS tahun anggaran 2014 kini sudah dimulai. Tentu saja dengan berbagai hiruk pikuk disetiap penjuru negeri setiap peserta untuk mendapatkan beberapa syarat administrasi maupun aktifitas secara kontinyu untuk memantau informasi terupdate dari menpan.

Jadwal pendaftaran yang tidak serentak meskipun melalui satu pintu link pendaftaran ternyata menimbulkan banyak kepanikan secara massal di dunia maya maupun dunia sebenarnya.

Berikut ini akan sedikit ruumit bagikan beberapa tips agar kita tetap tenang dalam menghadapi proses rekrutmen CPNS pada tahun 2014 yang dimulai dengan menggunakan sistem CAT. Dengan kata lain ujian tidak lagi menggunakan pensil 2B untuk menghitamkan LJK, akan tetapi dikerjakan dengan berbantukan komputer secara online.

Meskipun Online tidak terus kita bisa mengerjakan soal dirumah menggunakan Hanphone atau netbook yang memiliki akses internet. Proses ujian tetap dipusatkan dibeberapa tempat atau wilayah yang ditunjuk memiliki fasilitas memadai untuk melaksanakan ujian CPNS sistem CAT tersebut.

Silahkan disimak beberapa tips berikut ini demi lancarnya ujian kita
1. Persiapkan semua persyaratan administrasi
Mulai dari ijazah, transkip, Kartu kuning hingga SKCK harus sudah kita pegang sebelum melakukan regristasi.

2. Ketahui semua formasi yang pas untuk ijazah kita
Karena sistem regristasi melalui satu pintu dan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kita tidak bisa mendaftar lebih dari satu instansi.

3. Pantau terus informasi di website menpan pusat maupun instansi daerah
Memang sebuah aktifitas yang sedikit menyita waktu serta biaya, namun melalui media sosial seperti facebook kita akan bisa memperoleh informasi terupdate seputar CPNS. Baik itu formasi maupun jadwal pendaftaran. Terlebih jadwal ujian beserta tempatnya.

4. Belajar
Walaupun kita sudah lulus sekian tahun namun aktifitas belajar dengan membaca semua materi terkait Ujian CPNS akan lebih memberikan motivasi kepada kita untuk bisa mengerjakan soal dengan mudah. Banyak kok contoh soal-soal CPNS yang dijual ditempat-tempat ujian maupun beredar di internet. Pelajari dan ingat jangan memaksa pakai sistem Kebut Semalam, pasti hasilnya kurang memuaskan. Malahan kita bisa sakit kurang tidur.

5. Pastikan Tanggal dan Tempat Ujian
Setelah kita bisa mendaftar dan memiliki nomor pendaftaran sebagai ID untuk Login aplikasi CAT, selanjutnya jangan lupa untuk ngecek atau survei tempat ujian kita nanti. Baik jam maupun jarak kita harus perhitungkan agar pada hari H kita bisa tepat waktu di tempat ujian. Kalau kita menyepelekan hal ini bisa-bisa sebelum ujian kita sibuk mencari ruangan dan tempat duduk kita, dengan demikian akan mengurangi konsentrasi dalam mengerjakan soal ujian.

6. Bawalah Kertas dan Polpen atau Pensil
Memang sekarang sudah tidak menggunakan LJK untuk menjawab soal, namun perlengkapan itu tetap kita perlukan karena di dalam soal ujian ada materi seputar hitung-hitungan yang itu memerlukan kertas dan pena untuk berhitung.

7. Jangan Sungkan Bertanya Kepada Operator
Ketika mengalami hal-hal yang diluar kenormalan sistem, maka silahkan bertanya kepada operator yang berada di ruangan kita. Jangan bertanya kepada Teman atau siapapun, karena bisa saja kita dianggap melakukan kecurangan.

8. Tenangkan Bathin dan Berdoa sebelum Mengerjakan
Kelihatanya sederhana namun awalan seperti berdoa dan menenangkan diri ini akan sangat efektif dalam berkonsentrasi untuk mengingat semua materi yang sudah kita pelajari sebelumnya.

Nah itu kurang lebih beberapa tips agar dalam proses seleksi CPNS tahun 2014 ini kita bisa dengan lancar mengerjakan semua soal yang diberikan. Tentu saja masalah lulus atau tidaknya tergantung usaha kita masing-masing.

Terkait tips seputar aplikasi CAT silahkan baca artikel Panduan Lengkap Mengerjakan Soal CAT CPNS 2014
0 Komentar untuk "Beberapa Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Ujian CPNS sistem CAT"

Back To Top